Kesenian Betawi Ini Mulai Tidak biasa Tampak di Jakarta. Apa saja?

Betawi memang erat hubungan nya dengan Ibukota Jakarta yang telah memasuki usianya ke-490 tahun. Tetapi kesenian yang menjadi suatu ciri khas kemajuan kebudayaan Betawi, sekarang telah mulai tidak biasa tampak di ruang-ruang public. Apa saja kesenian khas yang mulai tidak biasa tampak di Jakarta?

Tanjidor

Grup Tanjidor ikut juga meramaikan acara Hajatan Bank saat Car Free Days di kawasan Bundaran Jakarta, hari Minggu (16/10). Hajatan Bank DKI ini di gelar dalam bentuk karnaval kebudayaan Betawi.

Orkes music khas Betawi ini faktanya warisan dari zaman Belanda dan juga Jepang. Memakai peralatan music ala barat seperti terompet, trombone, sampai drum, pertunjukan ini cukup ditunggu-tunggu dalam acara besar di Betawi. Ketika ini tanjidor cuma dapat di lihat saat pawai di Kota Jakarta, ataupun ada acara pernikahan kaum Cina Betawi.

Ondel ondel

Pengamen ondel meminta sumbangan kepada warga dilokasi car free day, Jakarta, Minggu (21/5). Ramai pengunjung CFD menyebabkan banyak sekali pengamen mencari rezeki dikegiatan yang berlangsung setiap hari minggu tersebut.
2 tokoh raksasa yang tingginya sekitar 2,5 meter ini dulunya sering sekali menghibur rakyat Betawi di segala acara, mulai dari kenduri sampai acara-acara pemerintahan yang besar. Terbuat dari bambu dan juga memasang baju berwarna cerah, ondel-ondel mempunyai 2 jenis wajah. Merah untuk ondel-ondel laki-laki dan juga putih untuk ondel-ondel perempuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *