Konsumsi Brokoli Bantu Kendalikan Gula Darah

Dalam sebuah study baru yang di lakukan peneliti dari Universitas Lund, Swedia, mengkonsumsi brokoli faktanya di ketahui bisa menurunkan gula darah. Brokoli akhirnya di anggap bisa menolong para penderita penyakit Diabetes Melitus atai DM untuk dapat mengontrol gula darah mereka.

Setidaknya ada sekitar sebanyak 300 juta penderita DM tipe 2 di semua dunia. Sebesar 15 % dari total jumlah itu tak dapat mengaktifkan terapi metformin karena mempunyai resiko kerusakan ginjal.

Untuk mencari solusi yang lebih baik, maka para peneliti dari Universitas Lund mengindentifikasi dari sejumlah senyawa yang bisa melawan perubahan ekspresi gen akibat terkena penyakit itu. Salah 1 peneliti, Annika Axelsson, melaksanakan konstruksi gen secara khusus dari DM tipe 2.

Konstruksi ini di lakukan menurut dari 50 data hen yang ada. Lalu, data-data itu di gunakan untuk mencari senyawa yang mempunyai potensi untuk melawan penyakit itu. Salah 1 senyawa kimia yang paling menjanjikan melaksanakan itu merupakan sulforaphane, yang biasanya di temukan di sayuran.

Senyawa ini bisa menurunkan produksi gula darah dengan menumbuhkan sel-sel di liver. Selain itu, senyawa itu pun juga mengubah ekspresi gen di liver, lebih-lebih yang sudah mengalami kelainan akibat terkena penyakit DM tipe 2.

Dalam studinya, team peneliti membagikan ekstrak brokoli pada 97 pasien DM tipe 2 dalam jangka waktu selama kurang lebih 12 hari. Pemberian pada ekstrak brokoli ini pun di lakukan secara acak. Hasilnya, ada penurunan yang secara signifikan gula darah dari para responden.

”Hasil ini bisa dikembangkan secara lebih lengkap, lebih-lebih untuk melihat senyawa-senyawa yang secara klinis dapat di gunakan untuk penanggulangan penyakit ini,” tulis Annika seperti dilansir dari The Indian Express, Hari senin (19/6).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *