Manusia Pertama yang Bertahan Hidup dengan Dua Jantung di India

Anda mungkin tak membayangkan dapat bertahan hidup dengan 2 jantung. Kondisi ini di alami seorang laki-laki berusia 45 tahun dari Kerala, India yang bernama Suresh. Dia menderita gagal jantung. 1-satunya pengobatan, dia mesti menjalani operasi transplantasi jantung hete roptik yang langka di Kovai Medical and Hospital Coimbatore.

Proses transplantasi berupa jantung pasien tak akan di ambil sebelum jantung donor tersemat (cocok dengan pasien serta tak mengalami penolakan). Operasi yang berlangsung pada 30 Mei 2017, jelas Dr Prasanth Vaijyanathh, konsultan bedah kardio-torak di KMCH, dilansir dari AsiaNet Newsable, Hari selasa (6/6/2017).

Suresh mesti menjalani prosedur transplantasi jantung ini sebab mengalami tekanan paru-paru yang tinggi hingga tak memungkinkannya menjalani operasi transplantasi jantung normal pada jantung pasien langsung di ganti jantung donor.

Para dokter bedah saling menghubungkan satu jantung baru dengan yang lama. Menariknya, si pendonor untuk Suresh yaitu seorang perempuan.

Operasi yang berlangsung selama 4 jam termasuk prosedur pertama di India serta mungkin Asia. Operasi ini terbilang telah sukses, pasca-operasi Suresh telah siuman. Padahal, jantung pasien sendiri (jantung orisinal) cuma dapat bekerja 10 %.

“Ini yaitu takdir. Pasien menerima jantung donor dari perempuan, yang ukurannya lebih kecil serta cukup sesuai di rongga dada. Operasi ini pun juga cukup menarik sebab laki-laki itu tak cuma mempunyai kromosom XY (kromosom laki-laki), namun pun juga akan mempunyai kromosom XX (kromosom perempuan) di dalam dirinya,” Dr Prasanth Vaijyanath, dokter bedah.