Yang Terjadi pada Tubuh Saat Telan Permen Karet

Ketika kecil dahulu, saat tak sengaja menelan permen karet, tak sedikit dari kita yang merasa panik. Beragam mitos dan juga cerita beredar seputar bahayanya saat menelan permen karet.

Mulai dari baru akan keluar 7 tahun lalu, membuat usus lengket, hingga tak akan dapat buang air besar lagi. Mitos tadi memang akan terdengar berlebihan, namun cukup membuat cukup penasaran. Sebenarnya apa yang terjadi dalam badan ketika kita menelan permen karet?

Melansir Buzzfeed, Hari selasa (20/6/2017), yang berbicara dengan spesialis gastroen terologi, Dr Lisa Ganjhu, seorang lektor kepala medis NYU Langone Medical Center di New York City, untuk dapat mencoba mencari tahu apa sih yang terjadi pada sistem pencernaan saat permen karet tertelan, dan apakah hal ini benar-benar berbahaya.

Berdasarkan Dr Ganjhu, permen karet akan masuk kedalam badan kayak seluruh makanan yang lain. Cuma, mereka tak akan benar-benar tercerna.

“Sistem pencernaan kita cukup kuat. Kalau mereka dapat mencerna steak, maka sistem ini pun juga dapat mencerna permen karet,” kata Dr Ganjhu. Jadi pergerakan gastrik yang kuat bersamaan dengan asam dan juga enzim tetap dapat menguraikan permen karet di perut.

Bedanya, dasar dari permen karet tak akan benar-benar terurai secara total sebab kandungan kimia didalamnya. Kandungan di dalamnya tak akan terserap kedalam usus kecil seperti kebanyakan makanan yang lain, Dr Ganjhu menjelaskan.

“Begitu mereka masuk, permen karet akan keluar juga seperti makanan yang lain. Tak ada rentang waktu yang khusus sebab motilitas sistem pencernaan tiap orang bertentangan,” katanya lagi.

Tapi tetap saja, para spesialis menyarankan untuk tak menelan permen karet. Tapi alasannya bukan sebab tak dapat dicerna.

“Permen karet benar-benar tak mempunyai nutrisi apapun. Jadi kebanyakan spesialis kesehatan akan menyarankan Kamu untuk tak menelannya,” jelas Dr Ganjhu.

Lagipula, tujuan permen karet di buat yakni untuk menikmati rasanya hingga habis, lalu dibuang. “Permen karet tak akan membahayakan Kamu, namun tak masuk akal jika Kamu sengaja menelannya,” dia melanjutkan.

Kamu pun juga benar-benar tak bisa menelan permen karet dalam jumlah besar sekaligus. Mereka dapat tersangkut di pipa udara dan juga membuat Kamu tersedak. Hal ini pun juga akan terjadi pada makanan lain yang ditelan dalam jumlah besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *